Senin, 27 Oktober 2014

Profil MTs. Az-Ziyadah



Profil MTs. SALAFY AZ-ZIYADAH

Nama Sekolah                                                 : MADRASAH TSANAWIYAH SALAFIYAH PONDOK
  PESANTREN AZ-ZIYADAH

 NSS                                                                : 0423 1723 1002
Status                                                              : Swasta
Alamat                                                             : Jl. Madrasah Ni. 1 Tanah 80
            Kelurahan                                            : Klender
            Kecamatan                                          : Duren Sawit
            Kota/Kabupaten                                  : Jakarta Timur
            Provinsi                                               : DKI  Jakarta
            Telepon                                               : (021) 8611421
            Kode Pos                                            : 13470
            Nomor Rekening BRI                         :
Didirikan Tahun                                              : 1970
Tanggal dan tahun Beroprasi                          : 25 Mei 1975
Nama Kepala Madrasah                                  : H. Marzuki HM, S. Ag
Status Sekolah                                                            : Swasta
Waktu Kegiatan Belajar Mengajar                  : Pagi (Pkul 06.30 – 12.15 )
Organisasi Penyelenggara                               : Pondok Pesantren Az-Ziyadah
            Nomor Statistik Pon-Pes                     : 51 231 72 31 080
            Tahun Berdir Pesantren                      : 1993
Nama yayasan                                                 : Al Husna Wazziyadah         
            Nomor Akte pendiri                            : 1.711.2/292/09-05/95/M/PRONA/1993
            Akte Notaris                                       : Elly Halida, SH
            Tanggal                                               : 11  Oktober 2006
            Nomor Pokok wajib pajak                  : 1.920.097.9-022
            No. Surat Kepemilikan Tanah             : 452/SK/KAKANWIL/BPN/DKI
Kondisi Tanah                                                
Luas Tanah                                                      : 19.150 M2
Luas Bangunan                                               : 10.000 M2
Status Tanah / Kepemilikan                            : Milik Yayasan/wakaf
Status Bangunan                                             : Milik Yayasan
Status Akreditasi                                            :
Jarak Madrasah dengan                     
1.      Pusat Ibukota Propinsi                  : ± 15 km
2.      Pusat kodya                                  : ± 10 km
3.      Kanwil depag                                : ± 10 km
4.      Kandep Agama                             : ± 10 km
5.      MTs Terdekat                                :
6.      SDN Terdekat                               :
A.    Jumlah Guru pada Tahun Pelajaran 2014 / 2015
            a. Guru PNS                                           12  Orang
b. Guru Tetap Yayasan                       :      5  Orang
Jumlah                                      17  Orang
c.      Tata Usaha                                 :    4   Orang
d.     Pustakawan                                 :    1   Orang
e.      Keamanan  Sekolah                    :    1   Orang
f.      Pengurus Komite                        :         Orang

B.     Data Siswa
1.       Perkembangan Sekolah 4 Tahun  Terakhir






































NO
Siswa
TAHUN AJARAN
Keterangan
2010/2011
2011/ 2012
2012/ 2013
2014/2015
1.
Kelas Ia
Kelas Ib




-
2.
Kelas IIa
Kelas II b




-
3.
Kelas IIIa
Kelas IIIb




-
Jumlah




-
 Jumlah Siswa Tahun Pelajaran 2010/2011
 Kelas  X
a.      Siswa Laki-laki                           :        Anak
b.     Siswa Perempuan                        :        Anak
c.      Jumlah                                       :        Anak
Kelas  XI
a.      Siswa Laki-laki                           :        Anak
b.     Siswa Perempuan                        :        Anak
c.      Jumlah                                       :        Anak
Kelas  XII
a.      Siswa Laki-laki                           :        Anak
b.     Siswa Perempuan                        :         Anak
c.      Jumlah                                       :        Anak
Jumlah Kelas  X, XI, XII     :
a.      Siswa Laki-laki                           :         Anak
b.     Siswa Perempuan                        :          Anak
c.      Jumlah                                       :          Anak

 Jumlah Siswa Tahun Pelajaran 2011/2012
 Kelas  X
a.     Siswa Laki-laki                                        :            Anak
b.     Siswa Perempuan                                    :            Anak
c.      Jumlah                                                   :            Anak
Kelas  XI
a.      Siswa Laki-laki                                       :            Anak
b.     Siswa Perempuan                                    :            Anak
c.      Jumlah                                                   :            Anak
Kelas  XII
a.      Siswa Laki-laki                                       :          Anak
b.     Siswa Perempuan                                    :          Anak
c.      Jumlah                                                   :          Anak
Jumlah Kelas  X, XI, XII     :
a.      Siswa Laki-laki                                       :          Anak
b.     Siswa Perempuan                                    :          Anak
c.      Jumlah                                                         :         Anak

C.            LATAR BELAKANG HISTORIS

Berdirinya Pondok Pesantren Az-Ziyadah yang terletak di Tanah 80 Kelurahan Klender Duren Sawit Jakarta Timur berawal dari pengajian Halaqoh di masjid Al-Husna yang sudah ada sejak tahun 1912an yang didirikan dan di kelola oleh seorang Bek Muhajir dan Ustadzah Anisah Ayah dan Ibu dari KH. Ahmad Zayadi Muhajir. Pada tahun 1938an Bapak KH. Ahmad Zayadi Muhajir mulai mendapat giliran sebagai pelanjut estafet peninggalan kedua orang tuanya tercinta untuk memimpin dan melestarikan lembaga tersebut dengan membuka kegiatan pesantren system sorogan yang diikuti oleh puluhan santri.
Dalam perkembangan selanjutnya pengajian Halaqoh dan system sorogan semakin melembaga secara eksis didukung oleh masyarakat luas, sehingga banyak para jama’ah yang tertarik untuk menitipkan anak-anaknya agar dididik dan dibina oleh Bapak KH. Ahmad Zayadi Muhajir menjadi kader ulama masa depan, maka pada tahun 1948 berdirilah Pondok Pesantren Az-Ziyadah yang di dalamnya terdapat ratusan santri yang muqim (di Masjid) dan pulang pergi dengan system belajar masih bentuk sorogan, perkembangan terus mengalami peningkaatan sehingga pada tahun 1960an para santri yang muqim sudah memiliki asrama atas swadaya  masyarakat dan orang tua/ wali.
KH. Ahmad Zayadi Muhajir disamping dikenal sebagai Ulama Kharismatik juga memiliki keluasan ilmu yang selalu tangguh pendirian dalam melestarikan tradisi lama namun tetap terbuka dengan tradisi modern yang baik dan dikembangkan kearah yang lebih baik. Karena kealimannya beliau juga dikenal sebagai seorang Mu’alim sehingga beliau mendapat panggilan dai masyarakat luas “Mu’alim Jayadi”. Karena kealimannya pulalah beliau selalu merespon kebutuhan umat dengan bijak sesuai dengan tuntutan zaman,  Pondok Pesantren Az-Ziyadah menyelenggarakan program pendidikan dengan system klasikal berkurikulum Salafiyah berijazah lokal Pondok Pesantren Az-Ziyadah, terbukti santri yang ikut belajar pada tahun 1972 mencapai angka lebih dari 2000 santri.
Dalam perkembangan berikutnya tahun 2001 Pondok Pesantren Az-Ziyadah mengikuti Program wajar Dik Das 9 tahundan mengikuti ujian Negara dibawah naungan Directorat PD. Pontren Depag RI.
Sebagai wujud upaya para pengelola Pondok Pesantren Az-Ziyadah kearah yang lebih berkembang lagi, pada tahun Pelajaran 2006 / 2007 Pesantren Az-Ziyadah Bekerja sama  Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami Pesanggrahan Jakarta Selatan KH. Mahrus Amin melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan berupa penyelenggaraan Pondok Pesantren Modern melalui program Tarbiyatul Mu’alimin / Mu’alimat Al-Islamiyah 6 Tahun ( Tsanawiyah / Aliyah ) berasrama,  mengikuti ujian nasional dan berijazah Negara.
D.           VISI , MISI , DAN TUJUAN  :
    1. 1.           VISI
“  Berilmu, beramal, dan bertaqwa dengan landasan akhlakul karimah  “
2.           MISI
“ Menumbuhkan budaya ilmu, amal dan taqwa serta akhlakul karimah pada jiwa santri dalam pegabdian kepada Agama dan Masyarakat. “
3.           TUJUAN
1.      Meningkatkan proses belajar mengajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan masyarakat.
2.      Meningkatkan mutu madrasah baik tenaga guru, tenaga administrasi maupun siswa
3.      Meningkatkan potensi lidership yang mendorong tercapainya kerjasama secara optimal menuju terbentuknya team work yang handal.
E.               MANAJEMEN MADRASAH
Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Az-Ziyadah adalah berstatus madrasah swasta. Dalam menjalankan roda organisasi madrasah, madrasah ini dikendalikan oleh seorang Kepala Madrasah dan dibantu oleh Wakil Kepala Madrasah.
Untuk urusan administrasi madrasah, kepala madrasah dibantu oleh seorang Kepala Tata Usaha dan 4 (empat) orang staf tata usaha . Staf tata  usaha ini dalam melaksanakan tugasnya diwajibkan masuk pagi. Semua urusan yang berkaitan dengan administrasi madrasah , ditangani oleh bagian tata usaha .
Dalam menjalankan tugas yang bersifat khusus dan teknis, kepala madrasah dibantu oleh 4 (orang) wakil Kepala Madrasah, Wakil  yang membidangi masalah Kurikulum, Kesiswaan, Sarana Prasarana dan Humas. Waka Bidang Kurikulum menangani pembuatan jadwal pelajaran, mengatur pembagian jam mengajar guru, mengatur guru piket, menangani kegiatan mid semester dan semester serta menangani kegiatan pendidikan dan pelatihan dalam bidang kurikulum. Waka bidang  Sarana Prasarana menangani pembangunan ruang kelas baru, pemeliharaan gedung, perbaikan mebeler, bekerja sama dengan pihak ke-3 mencari bantuan untuk fisik. Waka bidang Kesiswaan menangani kegiatan Ekstrakurikuler seperti Paskibra, Muhadharah, Munaqosah, UKS, PMR, Perkemahan dll. Waka bidang  Humas menangani kerjasama yang lebih harmonis dengan masyarakat secara umum .
Kepala Madrasah dalam menjalankan tugas-tugas yang berkaitan dengan urusan siswa, dibantu oleh Wali Kelas yang jumlahnya ada 6 wali kelas ( Wali Kelas  Xa dan Xb,XIa dan XIb, XIIa dan XIIb). Tugas wali kelas ini adalah menangani pembayaran uang iuran kelas, pembayaran biaya Haflah, pembayaran Tour Ziarah, pengumpulan nilai mid semester dan semester, penulisan rapor, absensi siswa, koordinator pembuatan administrasi kelas , koordinator 5K di masing-masing kelas. Peran wali kelas ini sangat penting, karena  merupakan jembatan antara siswa dan kepala madrasah, terutama yang berkaitan dengan keuangan dan iuran kelas. Pengangkatan wali kelas ini sepenuhnya kewenangan dari kepala Yayasan.
Proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Salafy Az-Ziyadah dilaksanakan pada pagi.. Proses pembelajaran pagi hari untuk  semua siswa secara keseluruhan mulai jam 06.30 s/d 12.15, Kegiatan  Pembelajaran  Kurikuler dilaksanakan mulai hari Sabtu s/d Kamis pagi,  hari Jum’at libur umum. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, setiap guru  masuk sesuai dengan jadwal pelajaran, guru yang tidak punya jam tidak diwajibkan masuk, kecuali ada kepentingan yang mendadak, Kegiatan Ekstrakurikuler dilaksanakan pada hari Jum’at ( Paskibra , PMR, UKS, Olahraga) dan pada malam hari (Muhadharah dan Munaqosah ) .
Dalam kaitannya dengan keuangan, madrasah mengangkat seorang Bendahara dan dibantu oleh beberapa koordinator keuangan yang tugasnya menangani keuangan pada sub kegiatan yang lebih kecil . Sistem
penggajian di Madrasah Tsanawiyah Salafy Az-Ziyadah berdasarkan jumlah jam mengajar, dan tunjangan masa kerja dan tunjangan lain .
Dalam rangka terus menjalin hubungan dengan masyarakat ,  Madrasah melaksanakan hubungan yang lebih harmonis dengan Pengurus Komite Madrasah . Melalui Komite Madrasah, masyarakat dapat berperan sebagai  sumber dana berupa iuran komite setiap bulan, melaksanakan pembangunan fisik jika ada bantuan dari Pemerintah, bersama warga madrasah menetapkan RAPBM sampai kepada kontrol terhadap kegiatan  pembelajaran siswa .

F.       DATA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN

No
Nama
NIP
Gol.
Jabatan
L/P
Tempat Lahir
Tanggal Lahir
Pendidikan
Jurusan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
H. Marzuki, HM S.Ag
-
-
Kepala Madrasah
L
Jakarta
25 Juli 1969
S –1
PAI
2
Kalimullah, S.Ag
197205052007101004
IIIa
Guru
L
Jakarta
05 Mei 1972
S-1
PAI
3
H. Ahmad Syaikhu, S.Pd.I
196810062007101002
IIIa
Guru
L
Jakarta
06 Oktober 1968
S-1

4
H. Ahmad Rais, S.Pd.I
196210032007011008
IIc
Guru
L
Jakarta
03 Oktober 1962
S-1

5
H. Sanusi Rohali, MA
196708112007101001
IIIa
Guru
L
Jakarta
11 Agustus 1967
S-2

6
 Abd. Razak, S.Hi
-
-
Guru
L




7
Ahmad Nahrowi, S.Pd.I
196302022007011022
IIa
Guru
L
Bekasi
02 Februari 1963
S-1
Tarbiyah
8
H. Fachrurrozi, S.Pd.I
197005122007101004
IIa
Guru
L
Jakarta
12 Mei 1970
S-1

9
Drs. H. Ahmad Taufik
196902102007011041
IIIa
Guru
L
Jakarta
10 Februari 1964
S-1
Peradilan Agama
10
H. Ahmad Muhidin
-
-
Guru
L




11
Syamsuddin, S.Ag MM.Pd
196308152007011023
IIIb
Guru
L
Bekasi
15 Agustus 1968
S-2

12
Utsman Firmansyah,S.Pd.I
196404252007011023
IIa
Guru
L
Jakarta
25 April 1964
S-1

13
Abd. Wadud,S.Pd.I
197104152007101004

Guru
L
Jakarta
 15 April 1971
S-1

14
H. Ahmad Zaki, S.Pd.I
-
-
Guru
L




15
Dra. Hj. Dahlia
196603022007012009
IIIa
Guru
P
Jakarta
02 Maret 1966
 S-1
Aqidah dan Filsafat
16
Dewi Savitri, M.Si
-
-
Guru
P
Jakarta
 29 Juli 1970
 S-2

17
Nurhuda Aulia
-
-
Guru
P
Jakarta
 08 November 1992
 SLTA
(Kuliah S-1)
Pendidikan Matematika




G.    KURIKULUM DAN SISTEM PEMBELAJARAN
1. Sistem pendidikan memakai sistem asrama (full day study)
2. Program Pendidikan dengan program ujian paket A, B dan Mu’adalah
3. Mengutamakan metode teladan (contoh), akhlakdan praktek langsung
4. Mengutamakan sistem sorogan dan wekaton
5. Santri secara rutin mengikuti pendidikan bathiniyah lewat mujahadah kemakam auliya, khotmil qur’an, dll.
6. Pengadaan kamar khusus bahasa untuk pengembangan bahasa arab dan inggris
7. Menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler, meliputi kursus seni kaligrafi (unggulan), Paskibra (unggulan),
    Bahasa Arab, Hadrah, Seni Baca Al-Qur’an, Olah Raga, dll.
Struktur Kurikulum dan Pengaturan Beban Belajar di MTs. Salafy Az-Ziyadah  dijelaskan bahwa struktur kurikulum MTs. meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai kelas  X sampai dengan kelas  XII. Struktur dan muatan kurikulum di MTs. Salafy Az-Ziyadah adalah sebagai berikut :
KOMPONEN MATA PELAJARAN                                                            KELAS DAN ALOKASI WAKTU
No
MATA PELAJARAN KITAB UNGGULAN
X
XI
XII
1.
Tarekh Tasyri



2.
B. Arab



3.
Nahwu/Q.I'rob



4.
Hadits



5.
Tafsir



6.
Akhlak



7.
Fiqih



8.
Tauhid



9.
Al-Qur'an



10.




11.




12.




13.




14.




15.




16.
Ilmu Falak



17.
Alfiyah



18.
Minhatul Mugits



Didukung dengan Mata Pelajaran Umum
KOMPONEN MATA PELAJARAN                                                KELAS DAN ALOKASI WAKTU
No.
MATA PELAJARAN UMUM UNGGULAN
X
XI
XII
17.
Bahasa Indonesia



18.
Bahasa Inggris



19.
Matematika



20.
IPS




Kegiatan pengembangan diri adalah kegiatan bertujuan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, yaitu menjadi manusia yang mampu menata diri dan menjawab berbagai tantangan baik dari dirinya sendiri maupun dari lingkungannya secara adaptif dan konstruktif baik dilingkungan keluarga maupun masyarakat. Pengembangan diri di madrasah bersifat pilihan, dalam arti setiap siswa wajib mengikuti kegiatan pengembangan diri, tidak termasuk dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling yang merupakan program pengembangan diri wajib.
Ruang lingkup pengembangan diri meliputi :
ü  Keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
ü  Kesadaran mengikuti aturan.
ü  Kesadaran akan kemandirian.
ü  Kesadaran untuk bersosialisasi.
ü  Kesiapan menuju kematangan.
ü  Kematangan untuk melakukan aktifitas dalam suasana normal.
ü  Kemampuan ketrampilan hidup yang dasar.
ü  Ketrampilan sosial.
ü  Ketrampilan mengelola agresifitas
ü  Ketrampilan memecahkan masalah
ü  Ketrampilan pengembangan diri
Berdasarkan kondisi obyektif sekolah, pengembangan diri yang dipilih dan dilaksanakan di MTs. Salafy Az-Ziyadah Tanah 80 Klender  adalah sebagai berikut :
 Bimbingan Konseling , Wajib Doa Bersama sebelum dan sesudah Pelajaran, Mengaji Al-Qur’an bersama sebelum  Pelajaran, Sholat Dhuhur Berjamaah, Upacara Bendera,  Mengucapkan salam saat bertemu,  Pondok Ramadhan,  Istighostah,     Mengkaji Kitab Kuning, Munaqosah,  Pramuka,   Baca Al-Qur’an,  Komputer.
 Mekanisme dan Pelaksanaan Kegiatan Pengembangan Diri
  1. Kegiatan pengembangan diri yang bersifat rutin dilaksanakan pada waktu pembelajaran efektif dengan mengalokasikan waktu khusus dalam jadwal pelajaran, dibina oleh guru dan konselor.
  2. Kegiatan pengembangan diri yang bersifat spontan dilaksanakan secara insidental baik di waktu pembelajaran efektif maupun di luar jam pembelajaran efektif yang dibina oleh semua guru, wali kelas maupun konselor.
  3. Kegiatan pengembangan diri terpogram dilaksanakan di luar jam pembelajaran (Kegiatan Ekstrakurikuler) dibina oleh guru, praktisi, atau alumni yang memiliki kualifikasi baik berdasarkan keputusan kepala sekolah.
4        Pelaksanaan kegiatan pengembangan diri dilaksanakan dengan   menugaskan guru pembina yang memiliki kompetensi di bidangnya baik dari guru madrasah maupun dari pihak luar madrasah.
Kegiatan MTs. Salafy Az-Ziyadah di luar jam Sekolah
-       Kepramukaan
-      Olahraga
-      Muhadhoroh
-      Diskusi/Dialog
-      Diklatpim
-      PHBI dan PHBN
-      Kursus/Pelatihan-pelatihan
-      Seni Baca Al-Qur’an
-      Istighosah
-      Lomba-lomba/Class metting
-      Bakti Sosial dan Santunan
-      Khotmil Qur’an
-      Group Sholawat dan Musik Band  
Ketuntasan Belajar
Ada beberapa hal yang bisa dijelaskan berkaitan dengan ketuntasan belajar, yaitu:
  1. Nilai (kognitif dan psikomotorik) dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat, dengan rentang 0-100.
  2. Nilai ketuntasan belajar maksimum adalah 100.
  3. Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran sebagai berikut
Kelas X, XI, XII
No.
MATA PELAJARAN
Kriteria Ketuntasan Minimal
PPK dan Praktik
Sikap
1.
Balaghoh

B
2.
Mantiq

B
3.
Nahwu/Q.I'rob

B
4.
Ilmu Hadits

B
5.
Tarekh Tasyri

B
6.
B. Arab

B
7.
Ushul Fiqih

B
8.
Hadits

B
9.
Tafsir

B
10.
Akhlak

B
11.
Fiqih

B
12.
Tauhid

B
13.
Al-Qur'an

B
14.
Ilmu Tafsir

B
15.
Qoidul Fiqih

B
16.
Ilmu Falak

B
17.
Bahasa Indonesia

B
18.
Bahasa Inggris

B
19.
Matematika

B
20.
IPS

B
 Kriteria ketuntasan minimal siswa ditetapkan oleh musyawarah guru bidang studi berdasarkan acuan yang ditetapkan Madrasah Tsanawiyah Salafy Az-Ziyadah Tanah 80 Klender. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) siswa tersebut berbeda pada setiap setiap mata pelajaran.
Sistem Penilaian
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam system penilaian adalah sebagai berikut :
  1. Dilaksanakan pada akhir tahun ajaran 2009/2010 .
  2. Peserta didik dinyatakan tidak naik kelas  XI, apabila yang bersangkutan tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal lebih dari 3 (tiga) mata pelajaran.
  3. Peserta didik dinyatakan tidak naik kelas  XII, apabila yang bersangkutan tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal, lebih dari 3 (tiga) mata pelajaran.
  4. Peserta didik yang tidak naik kelas, diwajibkan mengulang yaitu mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran pada tingkat kelas yang sama pada tahun pelajaran berikutnya.
  5. Laporan Hasil Belajar Siswa disampaikan kepada siswa dan orang tua/ wali siswa, setiap akhir semester.
Pindah Madrasah
MTs. Salafy Az-ZiyadahTanah 80 Klender  telah memfasilitasi adanya peserta didik yang pindah sekolah, baik antar madrasah atau antar sekolah .
Sedangkan untuk pelaksanaan pindah madrasah/sekolah lintas propinsi/kabupaten/kota, dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Propinsi/Mapendas Kanwil Depag dan Kabupaten/ kota setempat.
MA Salafy Az-ZiyadahTanah 80 Klender  telah menentukan persyaratan pindah / mutasi siswa sesuai dengan prinsip manajemen berbasis madrasah, antara lain mencakup hal-hal sebagai berikut :
  1. Menyesuaikan bentuk Laporan Hasil Belajar Siswa (LHBS) dari madrasah/sekolah asal sesuai dengan bentuk rapor yang digunakan oleh madrasah/sekolah tujuan.
  2. Melaksanakan tes atau matrikulasi bagi siswa pindahan.


Kriteria Kelulusan Ujian Nasional dan Madrasah
  1. Aspek Akademis, meliputi : memiliki rapor yang lengkap untuk kelas  X,  XI dan  XII.
  2. Telah memiliki nilai ujian untuk semua mata pelajaran yang diujikan.
  3. Tidak terdapat nilai ≤ 6,00 baik untuk ujian tulis maupun ujian praktik seluruh mata pelajaran yang diujikan dengan nilai rata-rata Ujian Nasional maupun ujian madrasah tidak boleh ≤ 6,00
  4. Aspek non Akademik meliputi : Nilai rata-rata kepribadian (kelakuan, kerajinan dan kerapian dan kedisiplinan) pada semester I dan II kelas  XII minimal baik.
  5. Kehadiran di madrasah pada semester I dan II kelas  XII minimal 90% dari jumlah hari efektif.
  6. Seorang siswa dinyatakan TIDAK LULUS apabila tidak memenuhi aspek Akademik ATAU aspek non Akademik seperti yang tersebut diatas.
 G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Salafy Az-Ziyadah dilaksanakan pada pagi riilnya ada 6 kelas . Kegiatan pembelajaran siswa Putra Putri Kelas  X A,B, Kelas  XI A,B dan Kelas  XII A,B masuk pagi mulai jam 06.30 s/d 12.15 WIB.
a. Kegiatan kurikuler  meliputi mata pelajaran :
  • Umum                         : PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPS, Matematika
  • Pend.Agama               :Al-Qur’an, Al-Hadits, Ilmu Fiqih, Ushul Fiqih, Akhlaq, Tarekh Tasyri,Tauhid,                           Bhs.Arab, Tafsir, Mantiq, Balaghoh, Nahwu,
b.    Kegiatan ekstrakurikuler meliputi :
  • Munaqosah
  •  Kesenian
  • Olahraga
  • Muhadhoroh
  • Diskusi/Dialog
  • Diklatpim
  • PHBI dan PHBN
  • Kursus/Pelatihan-pelatihan
  • Seni Baca Al-Qur’an
  • Istighosah
  • Lomba-lomba/Class metting
  • Bakti Sosial/Santunan
  • Khotmil Qur’an
  • Group Sholawat dan seni music
  • latihan menjahit
  • UKM
Kegiatan Ulangan Mid Semester dilaksanakan setiap 3 bulan sekali dengan pelaksanaan secara terjadwal mulai kelas  X s/d kelas  XII, dengan soal disiapkan oleh Guru mata pelajaran masing-masing , sedangkan kegiatan Ulangan Umum Semester I dan II dilaksaakan 6 bulan sekali .
 H.    SARANA PRASARANA
  1. 1.              Ruang Pembelajaran
  NO
Jenis Ruang
Jumlah
Pemnafaatan
Kondisi
Sesuai
Tidak
Baik
Rusak
1
Ruang Kelas





2
Ruang Lab.Komputer





3
Ruang Keterampilan





4
Ruang Perpustakaan





  1. 2.           Sarana Penunjang
NO
Jenis Ruang
Jumlah/Volume
Pemanfaatan
Kondisi
Sesuai
Tidak
Baik
Rusak
1
Ruang Kepala Sekolah





2
Ruang Guru





3
Ruang OSIS





4
Ruang UKS





5
Ruang BP





6
Kantin Sekolah





7
Ruang Tata Usaha





8
Pagar Depan





9
Pagar Keliling





10
Jalan Masuk





11
Lapangan Olahraga





12
Lapangan Upacara





13
Jalan Penghubung Bangunan





14
Taman Sekolah





15
Pohon Peneduh





16
Tempat Sepeda





17
Papan Nama





18
Ruang Tamu





19
Sanggar Pramuka





20
Masjid





21
Gudang





            3.     Alat Paraga /Sarana Pembelajaran
No
Jenis Alat
Yang Ada
Yang Dibutuhkan
1














2

3

4



5
Olah Raga
Bola Volly

Bola Sepak
Bola Takrow
Bola Basket
Raket Bulu Tangkis
Net Volly
Net Bulu Tangkis
Cakram
Tolak Peluru
Lembing
Tiang Lompat Tinggi
Bak Lompat Jauh
Meja Tinis
Globe
Peta
Kesenian
Rebana
TIK
Komputer
Sarana Kantor
LCD Proyektor
Handy Cam
Kamera Canon
Kamera Digital
Sond Sistem
TV Pembelajaran

 5 buah

 1 buah

 4 buah
 1 buah
 2 pasang
 1 buah
 2 buah
 2 buah
 1 buah
 - buah
 1 buah
 -  buah
 -  buah
 -   set

 -   buah

 1  buah
-  buah
 10  buah
 -   buah
 -   buah
 -   buah
 -   buah


 12 buah

  6  buah

 12 buah
   3 buah
 25 pasang
   3 buah
   3 buah
   6 buah
   6 buah
   6 buah
   1 buah
   2  buah
   1   buah
   4   buah

    5   buah

   12  buah
     1    unit
   35    unit
     1    buah
     1    buah
     1    buah
     1    buah
4.     Meubel
NO
Jenis Ruang
Volume
( Ruang )
Pemanfaatan
Kondisi
Sesuai
Tidak
Baik
Rusak
1
Meja murid





2
Kursi murid





3
Meja guru





4
Kursi guru





5
Almari





6
Etalase





7
Kursi Tamu












  c.       PERSENTASE KELULUSAN SISWA 5 TAHUN  TERAKHIR
NO
TAHUN
JUMLAH
JUMLAH
KETERANGAN
L
P
1
2009/2010




2
2010/2011




3
2011/2012




4
2012/2013




5
2013/2014




d.       PERSENTASE PEROLEHAN NILAI UN 5 TAHUN TERAKHIR
      1. Tahun 2009/2010
NILAI
BIN
ING
EKO
IPA
JUMLAH
Klasifikasi
B
A
A
-
A
Rata-rata





Terendah





Tertinggi





2.      Tahun 2010/2011                                                    
NILAI
BIN
ING
MAT
EKO
SOS
GEO
JUMLAH
Klasifikasi
A
A
A
A
A
C
A
Rata-rata







Terendah







Tertinggi







3.      Tahun 2011/2012
NILAI
BIN
ING
MAT
FIS
KIM
BIO
JUMLAH
Klasifikasi
A
A
A
A
A
A
A
Rata-rata







Terendah







Tertinggi







4.      Tahun 2012/2013
NILAI
BIN
ING
MAT
FIS
KIM
BIO
JUMLAH
Klasifikasi
A
A
A
A
A
A
A
Rata-rata







Terendah







Tertinggi







5.      Tahun 2013/2014
NILAI
BIN
ING
MAT
FIS
KIM
BIO
JUMLAH
Klasifikasi
A
A
A
A
A
A
A
Rata-rata







Terendah







Tertinggi







 e.       DATA PRESTASI SISWA SISWA
1.    Bidang  Keagamaan
No
Tahun
Jenis Lomba
Tingkat
Juara
1




2




3




4




5




6




7




 2.    Bidang  Mata Pelajaran
No
Tahun
Jenis Lomba
Tingkat
Juara
1




2




3




4




5




3.      Bidang Olahraga
No
Tahun
Jenis Lomba
Tingkat
Juara
1




2




3




4




5




4.      Bidang Kesenian
No
Tahun
Jenis Lomba
Tingkat
Juara
1




2




3




4




5




J.     PROFIL LULUSAN
    No
Jenis Kegiatan
Jumlah Siswa
Keterangan
1



2



3



4



5



6



K.      DATA PRESTASI MADRASAH 5 TAHUN TERAKHIR
No
Tahun
Jenis Lomba
Tingkat
Juara
1




2




3




4




5









3 komentar:

  1. Boleh minta nomor yang bisa dihubungi?

    BalasHapus
  2. Pendaftaran kpn dibuka untuk THN ajaran 2021

    BalasHapus
  3. Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. 
    Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah. 

    Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, 28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

    From : https://hewillback.xyz/

    BalasHapus