Profil MTs. SALAFY
AZ-ZIYADAH
Nama Sekolah : MADRASAH TSANAWIYAH SALAFIYAH PONDOK
PESANTREN
AZ-ZIYADAH
NSS :
0423 1723 1002
Status :
Swasta
Alamat :
Jl. Madrasah Ni. 1 Tanah 80
Kelurahan :
Klender
Kecamatan :
Duren Sawit
Kota/Kabupaten : Jakarta
Timur
Provinsi :
DKI Jakarta
Telepon :
(021) 8611421
Kode Pos :
13470
Nomor Rekening BRI :
Didirikan Tahun :
1970
Tanggal dan tahun Beroprasi :
25 Mei 1975
Nama Kepala Madrasah :
H. Marzuki HM, S. Ag
Status Sekolah :
Swasta
Waktu Kegiatan Belajar Mengajar :
Pagi (Pkul 06.30 – 12.15 )
Organisasi Penyelenggara :
Pondok Pesantren Az-Ziyadah
Nomor Statistik
Pon-Pes : 51 231 72 31
080
Tahun Berdir
Pesantren : 1993
Nama yayasan :
Al Husna Wazziyadah
Nomor Akte pendiri : 1.711.2/292/09-05/95/M/PRONA/1993
Akte Notaris : Elly
Halida, SH
Tanggal :
11 Oktober 2006
Nomor Pokok wajib
pajak : 1.920.097.9-022
No. Surat
Kepemilikan Tanah :
452/SK/KAKANWIL/BPN/DKI
Kondisi Tanah
Luas Tanah :
19.150 M2
Luas Bangunan :
10.000 M2
Status Tanah / Kepemilikan :
Milik Yayasan/wakaf
Status Bangunan :
Milik Yayasan
Status Akreditasi :
Jarak Madrasah dengan
1.
Pusat Ibukota Propinsi :
± 15 km
2.
Pusat kodya :
± 10 km
3.
Kanwil depag :
± 10 km
4.
Kandep Agama :
± 10 km
5.
MTs Terdekat :
6.
SDN Terdekat :
A. Jumlah Guru
pada Tahun Pelajaran 2014 / 2015
a.
Guru PNS : 12 Orang
b. Guru Tetap Yayasan :
5 Orang
Jumlah : 17 Orang
c. Tata Usaha :
4 Orang
d. Pustakawan :
1 Orang
e. Keamanan
Sekolah : 1
Orang
f. Pengurus Komite : Orang
B. Data Siswa
1.
Perkembangan Sekolah 4 Tahun Terakhir
NO
|
Siswa
|
TAHUN AJARAN
|
Keterangan
|
|||
2010/2011
|
2011/ 2012
|
2012/ 2013
|
2014/2015
|
|||
1.
|
Kelas Ia
Kelas Ib
|
-
|
||||
2.
|
Kelas IIa
Kelas II b
|
-
|
||||
3.
|
Kelas IIIa
Kelas IIIb
|
-
|
||||
Jumlah
|
-
|
Jumlah Siswa Tahun Pelajaran
2010/2011
Kelas
X
a. Siswa Laki-laki :
Anak
b. Siswa Perempuan :
Anak
c. Jumlah : Anak
Kelas XI
a. Siswa Laki-laki : Anak
b. Siswa Perempuan : Anak
c. Jumlah :
Anak
Kelas XII
a. Siswa Laki-laki :
Anak
b. Siswa Perempuan :
Anak
c. Jumlah :
Anak
Jumlah Kelas X, XI, XII :
a. Siswa Laki-laki :
Anak
b. Siswa Perempuan : Anak
c. Jumlah :
Anak
Jumlah Siswa Tahun Pelajaran
2011/2012
Kelas
X
a. Siswa Laki-laki : Anak
b. Siswa Perempuan :
Anak
c. Jumlah :
Anak
Kelas XI
a. Siswa Laki-laki :
Anak
b. Siswa Perempuan :
Anak
c. Jumlah :
Anak
Kelas XII
a. Siswa Laki-laki :
Anak
b. Siswa Perempuan :
Anak
c. Jumlah :
Anak
Jumlah Kelas X, XI, XII :
a. Siswa Laki-laki :
Anak
b. Siswa Perempuan :
Anak
c. Jumlah :
Anak
C.
LATAR BELAKANG HISTORIS
Berdirinya Pondok
Pesantren Az-Ziyadah yang terletak di Tanah 80 Kelurahan Klender Duren Sawit
Jakarta Timur berawal dari pengajian Halaqoh di masjid Al-Husna yang sudah ada
sejak tahun 1912an yang didirikan dan di kelola oleh seorang Bek Muhajir dan
Ustadzah Anisah Ayah dan Ibu dari KH. Ahmad Zayadi Muhajir. Pada tahun 1938an
Bapak KH. Ahmad Zayadi Muhajir mulai mendapat giliran sebagai pelanjut estafet
peninggalan kedua orang tuanya tercinta untuk memimpin dan melestarikan lembaga
tersebut dengan membuka kegiatan pesantren system sorogan yang diikuti oleh
puluhan santri.
Dalam perkembangan
selanjutnya pengajian Halaqoh dan system sorogan semakin melembaga secara eksis
didukung oleh masyarakat luas, sehingga banyak para jama’ah yang tertarik untuk
menitipkan anak-anaknya agar dididik dan dibina oleh Bapak KH. Ahmad Zayadi
Muhajir menjadi kader ulama masa depan, maka pada tahun 1948 berdirilah Pondok
Pesantren Az-Ziyadah yang di dalamnya terdapat ratusan santri yang muqim (di
Masjid) dan pulang pergi dengan system belajar masih bentuk sorogan,
perkembangan terus mengalami peningkaatan sehingga pada tahun 1960an para
santri yang muqim sudah memiliki asrama atas swadaya masyarakat dan orang tua/ wali.
KH. Ahmad Zayadi
Muhajir disamping dikenal sebagai Ulama Kharismatik juga memiliki keluasan ilmu
yang selalu tangguh pendirian dalam melestarikan tradisi lama namun tetap
terbuka dengan tradisi modern yang baik dan dikembangkan kearah yang lebih
baik. Karena kealimannya beliau juga dikenal sebagai seorang Mu’alim sehingga
beliau mendapat panggilan dai masyarakat luas “Mu’alim Jayadi”. Karena
kealimannya pulalah beliau selalu merespon kebutuhan umat dengan bijak sesuai
dengan tuntutan zaman, Pondok Pesantren Az-Ziyadah
menyelenggarakan program pendidikan dengan system klasikal berkurikulum Salafiyah
berijazah lokal Pondok Pesantren Az-Ziyadah, terbukti santri yang ikut belajar
pada tahun 1972 mencapai angka lebih dari 2000 santri.
Dalam perkembangan
berikutnya tahun 2001 Pondok Pesantren Az-Ziyadah
mengikuti Program wajar Dik Das 9 tahundan mengikuti ujian Negara dibawah
naungan Directorat PD. Pontren Depag RI.
Sebagai wujud upaya
para pengelola Pondok Pesantren Az-Ziyadah kearah yang lebih berkembang lagi, pada
tahun Pelajaran 2006 / 2007 Pesantren Az-Ziyadah Bekerja sama Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami
Pesanggrahan Jakarta Selatan KH. Mahrus Amin
melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan berupa penyelenggaraan Pondok
Pesantren Modern melalui program Tarbiyatul Mu’alimin / Mu’alimat Al-Islamiyah
6 Tahun ( Tsanawiyah / Aliyah ) berasrama,
mengikuti ujian nasional dan berijazah Negara.
D.
VISI , MISI , DAN TUJUAN :
- 1. VISI
“ Berilmu, beramal, dan
bertaqwa dengan landasan akhlakul karimah “
2.
MISI
“ Menumbuhkan budaya ilmu, amal dan taqwa serta
akhlakul karimah pada jiwa santri dalam pegabdian kepada Agama dan Masyarakat.
“
3.
TUJUAN
1. Meningkatkan
proses belajar mengajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan masyarakat.
2. Meningkatkan
mutu madrasah baik tenaga guru, tenaga administrasi maupun siswa
3. Meningkatkan
potensi lidership yang mendorong tercapainya kerjasama secara optimal menuju
terbentuknya team work yang handal.
E.
MANAJEMEN MADRASAH
Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Az-Ziyadah adalah
berstatus madrasah swasta. Dalam menjalankan roda organisasi madrasah, madrasah
ini dikendalikan oleh seorang Kepala Madrasah dan dibantu oleh Wakil Kepala
Madrasah.
Untuk urusan administrasi madrasah, kepala madrasah
dibantu oleh seorang Kepala Tata Usaha dan 4 (empat) orang staf tata usaha .
Staf tata usaha ini dalam melaksanakan tugasnya diwajibkan masuk pagi.
Semua urusan yang berkaitan dengan administrasi madrasah , ditangani oleh
bagian tata usaha .
Dalam menjalankan tugas yang bersifat khusus dan
teknis, kepala madrasah dibantu oleh 4 (orang) wakil Kepala Madrasah,
Wakil yang membidangi masalah Kurikulum, Kesiswaan, Sarana Prasarana dan
Humas. Waka Bidang Kurikulum menangani pembuatan jadwal pelajaran, mengatur
pembagian jam mengajar guru, mengatur guru piket, menangani kegiatan mid
semester dan semester serta menangani kegiatan pendidikan dan pelatihan dalam
bidang kurikulum. Waka bidang Sarana Prasarana menangani pembangunan
ruang kelas baru, pemeliharaan gedung, perbaikan mebeler, bekerja sama dengan
pihak ke-3 mencari bantuan untuk fisik. Waka bidang Kesiswaan menangani kegiatan
Ekstrakurikuler seperti Paskibra, Muhadharah, Munaqosah, UKS, PMR, Perkemahan
dll. Waka bidang Humas menangani kerjasama yang lebih harmonis dengan
masyarakat secara umum .
Kepala Madrasah dalam menjalankan tugas-tugas yang
berkaitan dengan urusan siswa, dibantu oleh Wali Kelas yang jumlahnya ada 6 wali
kelas ( Wali Kelas Xa dan Xb,XIa dan XIb, XIIa dan XIIb). Tugas wali
kelas ini adalah menangani pembayaran uang iuran kelas, pembayaran biaya
Haflah, pembayaran Tour Ziarah, pengumpulan nilai mid semester dan semester,
penulisan rapor, absensi siswa, koordinator pembuatan administrasi kelas ,
koordinator 5K di masing-masing kelas. Peran wali kelas ini sangat penting,
karena merupakan jembatan antara siswa dan kepala madrasah, terutama yang
berkaitan dengan keuangan dan iuran kelas. Pengangkatan wali kelas ini
sepenuhnya kewenangan dari kepala Yayasan.
Proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Salafy
Az-Ziyadah dilaksanakan pada pagi.. Proses pembelajaran pagi hari untuk
semua siswa secara keseluruhan mulai jam 06.30 s/d 12.15, Kegiatan
Pembelajaran Kurikuler dilaksanakan mulai hari Sabtu s/d Kamis
pagi, hari Jum’at libur umum. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran,
setiap guru masuk sesuai dengan jadwal pelajaran, guru yang tidak punya
jam tidak diwajibkan masuk, kecuali ada kepentingan yang mendadak, Kegiatan
Ekstrakurikuler dilaksanakan pada hari Jum’at ( Paskibra , PMR, UKS, Olahraga)
dan pada malam hari (Muhadharah dan Munaqosah ) .
Dalam kaitannya dengan keuangan, madrasah mengangkat
seorang Bendahara dan dibantu oleh beberapa koordinator keuangan yang tugasnya
menangani keuangan pada sub kegiatan yang lebih kecil . Sistem
penggajian di Madrasah Tsanawiyah Salafy Az-Ziyadah
berdasarkan jumlah jam mengajar, dan tunjangan masa kerja dan tunjangan lain .
Dalam rangka terus menjalin hubungan dengan masyarakat
, Madrasah melaksanakan hubungan yang lebih harmonis dengan Pengurus
Komite Madrasah . Melalui Komite Madrasah, masyarakat dapat berperan
sebagai sumber dana berupa iuran komite setiap bulan, melaksanakan
pembangunan fisik jika ada bantuan dari Pemerintah, bersama warga madrasah
menetapkan RAPBM sampai kepada kontrol terhadap kegiatan pembelajaran
siswa .
F. DATA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN
No
|
Nama
|
NIP
|
Gol.
|
Jabatan
|
L/P
|
Tempat Lahir
|
Tanggal Lahir
|
Pendidikan
|
Jurusan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
1
|
H. Marzuki, HM S.Ag
|
-
|
-
|
Kepala Madrasah
|
L
|
Jakarta
|
25 Juli 1969
|
S –1
|
PAI
|
2
|
Kalimullah, S.Ag
|
197205052007101004
|
IIIa
|
Guru
|
L
|
Jakarta
|
05 Mei 1972
|
S-1
|
PAI
|
3
|
H. Ahmad
Syaikhu, S.Pd.I
|
196810062007101002
|
IIIa
|
Guru
|
L
|
Jakarta
|
06 Oktober 1968
|
S-1
|
|
4
|
H. Ahmad
Rais, S.Pd.I
|
196210032007011008
|
IIc
|
Guru
|
L
|
Jakarta
|
03 Oktober 1962
|
S-1
|
|
5
|
H. Sanusi
Rohali, MA
|
196708112007101001
|
IIIa
|
Guru
|
L
|
Jakarta
|
11 Agustus 1967
|
S-2
|
|
6
|
Abd. Razak,
S.Hi
|
-
|
-
|
Guru
|
L
|
||||
7
|
Ahmad
Nahrowi, S.Pd.I
|
196302022007011022
|
IIa
|
Guru
|
L
|
Bekasi
|
02 Februari 1963
|
S-1
|
Tarbiyah
|
8
|
H.
Fachrurrozi, S.Pd.I
|
197005122007101004
|
IIa
|
Guru
|
L
|
Jakarta
|
12 Mei 1970
|
S-1
|
|
9
|
Drs. H. Ahmad
Taufik
|
196902102007011041
|
IIIa
|
Guru
|
L
|
Jakarta
|
10 Februari 1964
|
S-1
|
Peradilan Agama
|
10
|
H.
Ahmad Muhidin
|
-
|
-
|
Guru
|
L
|
||||
11
|
Syamsuddin,
S.Ag MM.Pd
|
196308152007011023
|
IIIb
|
Guru
|
L
|
Bekasi
|
15 Agustus
1968
|
S-2
|
|
12
|
Utsman Firmansyah,S.Pd.I
|
196404252007011023
|
IIa
|
Guru
|
L
|
Jakarta
|
25 April
1964
|
S-1
|
|
13
|
Abd. Wadud,S.Pd.I
|
197104152007101004
|
Guru
|
L
|
Jakarta
|
15 April 1971
|
S-1
|
||
14
|
H. Ahmad Zaki, S.Pd.I
|
-
|
-
|
Guru
|
L
|
||||
15
|
Dra. Hj. Dahlia
|
196603022007012009
|
IIIa
|
Guru
|
P
|
Jakarta
|
02 Maret
1966
|
S-1
|
Aqidah dan Filsafat
|
16
|
Dewi
Savitri, M.Si
|
-
|
-
|
Guru
|
P
|
Jakarta
|
29 Juli 1970
|
S-2
|
|
17
|
Nurhuda
Aulia
|
-
|
-
|
Guru
|
P
|
Jakarta
|
08 November 1992
|
SLTA
(Kuliah
S-1)
|
Pendidikan Matematika
|
G. KURIKULUM DAN SISTEM PEMBELAJARAN
1. Sistem
pendidikan memakai sistem asrama (full day study)
2. Program
Pendidikan dengan program ujian paket A, B dan Mu’adalah
3.
Mengutamakan metode teladan (contoh), akhlakdan praktek langsung
4.
Mengutamakan sistem sorogan dan wekaton
5. Santri
secara rutin mengikuti pendidikan bathiniyah lewat mujahadah kemakam auliya,
khotmil qur’an, dll.
6. Pengadaan
kamar khusus bahasa untuk pengembangan bahasa arab dan inggris
7.
Menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler, meliputi kursus seni kaligrafi
(unggulan), Paskibra (unggulan),
Bahasa Arab, Hadrah, Seni Baca Al-Qur’an,
Olah Raga, dll.
Struktur
Kurikulum dan Pengaturan Beban Belajar di MTs. Salafy Az-Ziyadah dijelaskan bahwa struktur kurikulum MTs.
meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan
selama tiga tahun mulai kelas X sampai dengan kelas XII. Struktur
dan muatan kurikulum di MTs. Salafy Az-Ziyadah adalah sebagai berikut :
KOMPONEN
MATA PELAJARAN KELAS
DAN ALOKASI WAKTU
No
|
MATA PELAJARAN KITAB UNGGULAN
|
X
|
XI
|
XII
|
1.
|
Tarekh Tasyri
|
|||
2.
|
B. Arab
|
|||
3.
|
Nahwu/Q.I'rob
|
|||
4.
|
Hadits
|
|||
5.
|
Tafsir
|
|||
6.
|
Akhlak
|
|||
7.
|
Fiqih
|
|||
8.
|
Tauhid
|
|||
9.
|
Al-Qur'an
|
|||
10.
|
||||
11.
|
||||
12.
|
||||
13.
|
||||
14.
|
||||
15.
|
||||
16.
|
Ilmu Falak
|
|||
17.
|
Alfiyah
|
|||
18.
|
Minhatul Mugits
|
Didukung
dengan Mata Pelajaran Umum
KOMPONEN
MATA PELAJARAN KELAS
DAN ALOKASI WAKTU
No.
|
MATA PELAJARAN UMUM UNGGULAN
|
X
|
XI
|
XII
|
17.
|
Bahasa Indonesia
|
|||
18.
|
Bahasa Inggris
|
|||
19.
|
Matematika
|
|||
20.
|
IPS
|
Kegiatan pengembangan
diri adalah kegiatan bertujuan mengembangkan potensi peserta didik secara
optimal, yaitu menjadi manusia yang mampu menata diri dan menjawab berbagai
tantangan baik dari dirinya sendiri maupun dari lingkungannya secara adaptif
dan konstruktif baik dilingkungan keluarga maupun masyarakat. Pengembangan diri
di madrasah bersifat pilihan, dalam arti setiap siswa wajib mengikuti kegiatan
pengembangan diri, tidak termasuk dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling yang
merupakan program pengembangan diri wajib.
Ruang
lingkup pengembangan diri meliputi :
ü
Keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
ü
Kesadaran mengikuti aturan.
ü
Kesadaran akan kemandirian.
ü
Kesadaran untuk bersosialisasi.
ü
Kesiapan menuju kematangan.
ü
Kematangan untuk melakukan aktifitas dalam suasana normal.
ü
Kemampuan ketrampilan hidup yang dasar.
ü
Ketrampilan sosial.
ü
Ketrampilan mengelola agresifitas
ü
Ketrampilan memecahkan masalah
ü
Ketrampilan pengembangan diri
Berdasarkan
kondisi obyektif sekolah, pengembangan diri yang dipilih dan dilaksanakan di
MTs. Salafy Az-Ziyadah Tanah 80 Klender adalah sebagai berikut :
Bimbingan Konseling , Wajib Doa
Bersama sebelum dan sesudah Pelajaran, Mengaji Al-Qur’an bersama sebelum
Pelajaran, Sholat Dhuhur Berjamaah, Upacara Bendera, Mengucapkan salam
saat bertemu, Pondok Ramadhan, Istighostah,
Mengkaji Kitab Kuning, Munaqosah, Pramuka, Baca Al-Qur’an,
Komputer.
Mekanisme
dan Pelaksanaan Kegiatan Pengembangan Diri
- Kegiatan pengembangan diri yang bersifat rutin dilaksanakan pada waktu pembelajaran efektif dengan mengalokasikan waktu khusus dalam jadwal pelajaran, dibina oleh guru dan konselor.
- Kegiatan pengembangan diri yang bersifat spontan dilaksanakan secara insidental baik di waktu pembelajaran efektif maupun di luar jam pembelajaran efektif yang dibina oleh semua guru, wali kelas maupun konselor.
- Kegiatan pengembangan diri terpogram dilaksanakan di luar jam pembelajaran (Kegiatan Ekstrakurikuler) dibina oleh guru, praktisi, atau alumni yang memiliki kualifikasi baik berdasarkan keputusan kepala sekolah.
4
Pelaksanaan kegiatan pengembangan diri dilaksanakan dengan
menugaskan guru pembina yang memiliki kompetensi di bidangnya baik dari guru
madrasah maupun dari pihak luar madrasah.
Kegiatan
MTs. Salafy Az-Ziyadah di luar jam Sekolah
-
Kepramukaan
-
Olahraga
-
Muhadhoroh
-
Diskusi/Dialog
-
Diklatpim
-
PHBI dan PHBN
-
Kursus/Pelatihan-pelatihan
-
Seni Baca Al-Qur’an
-
Istighosah
-
Lomba-lomba/Class metting
-
Bakti Sosial dan Santunan
-
Khotmil Qur’an
-
Group Sholawat dan Musik Band
Ketuntasan
Belajar
Ada beberapa
hal yang bisa dijelaskan berkaitan dengan ketuntasan belajar, yaitu:
- Nilai (kognitif dan psikomotorik) dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat, dengan rentang 0-100.
- Nilai ketuntasan belajar maksimum adalah 100.
- Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran sebagai berikut
Kelas X, XI,
XII
No.
|
MATA PELAJARAN
|
Kriteria Ketuntasan Minimal
|
|
PPK dan Praktik
|
Sikap
|
||
1.
|
Balaghoh
|
B
|
|
2.
|
Mantiq
|
B
|
|
3.
|
Nahwu/Q.I'rob
|
B
|
|
4.
|
Ilmu Hadits
|
B
|
|
5.
|
Tarekh Tasyri
|
B
|
|
6.
|
B. Arab
|
B
|
|
7.
|
Ushul Fiqih
|
B
|
|
8.
|
Hadits
|
B
|
|
9.
|
Tafsir
|
B
|
|
10.
|
Akhlak
|
B
|
|
11.
|
Fiqih
|
B
|
|
12.
|
Tauhid
|
B
|
|
13.
|
Al-Qur'an
|
B
|
|
14.
|
Ilmu Tafsir
|
B
|
|
15.
|
Qoidul Fiqih
|
B
|
|
16.
|
Ilmu Falak
|
B
|
|
17.
|
Bahasa Indonesia
|
B
|
|
18.
|
Bahasa Inggris
|
B
|
|
19.
|
Matematika
|
B
|
|
20.
|
IPS
|
B
|
Kriteria ketuntasan minimal siswa
ditetapkan oleh musyawarah guru bidang studi berdasarkan acuan yang ditetapkan
Madrasah Tsanawiyah Salafy Az-Ziyadah Tanah 80 Klender. Kriteria ketuntasan
minimal (KKM) siswa tersebut berbeda pada setiap setiap mata pelajaran.
Sistem
Penilaian
Beberapa hal
yang perlu diperhatikan dalam system penilaian adalah sebagai berikut :
- Dilaksanakan pada akhir tahun ajaran 2009/2010 .
- Peserta didik dinyatakan tidak naik kelas XI, apabila yang bersangkutan tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal lebih dari 3 (tiga) mata pelajaran.
- Peserta didik dinyatakan tidak naik kelas XII, apabila yang bersangkutan tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal, lebih dari 3 (tiga) mata pelajaran.
- Peserta didik yang tidak naik kelas, diwajibkan mengulang yaitu mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran pada tingkat kelas yang sama pada tahun pelajaran berikutnya.
- Laporan Hasil Belajar Siswa disampaikan kepada siswa dan orang tua/ wali siswa, setiap akhir semester.
Pindah
Madrasah
MTs. Salafy
Az-ZiyadahTanah 80 Klender telah memfasilitasi adanya peserta didik yang
pindah sekolah, baik antar madrasah atau antar sekolah .
Sedangkan
untuk pelaksanaan pindah madrasah/sekolah lintas propinsi/kabupaten/kota,
dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Propinsi/Mapendas Kanwil Depag dan
Kabupaten/ kota setempat.
MA Salafy
Az-ZiyadahTanah 80 Klender telah menentukan persyaratan pindah / mutasi
siswa sesuai dengan prinsip manajemen berbasis madrasah, antara lain mencakup
hal-hal sebagai berikut :
- Menyesuaikan bentuk Laporan Hasil Belajar Siswa (LHBS) dari madrasah/sekolah asal sesuai dengan bentuk rapor yang digunakan oleh madrasah/sekolah tujuan.
- Melaksanakan tes atau matrikulasi bagi siswa pindahan.
Kriteria
Kelulusan Ujian Nasional dan Madrasah
- Aspek Akademis, meliputi : memiliki rapor yang lengkap untuk kelas X, XI dan XII.
- Telah memiliki nilai ujian untuk semua mata pelajaran yang diujikan.
- Tidak terdapat nilai ≤ 6,00 baik untuk ujian tulis maupun ujian praktik seluruh mata pelajaran yang diujikan dengan nilai rata-rata Ujian Nasional maupun ujian madrasah tidak boleh ≤ 6,00
- Aspek non Akademik meliputi : Nilai rata-rata kepribadian (kelakuan, kerajinan dan kerapian dan kedisiplinan) pada semester I dan II kelas XII minimal baik.
- Kehadiran di madrasah pada semester I dan II kelas XII minimal 90% dari jumlah hari efektif.
- Seorang siswa dinyatakan TIDAK LULUS apabila tidak memenuhi aspek Akademik ATAU aspek non Akademik seperti yang tersebut diatas.
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Salafy Az-Ziyadah dilaksanakan pada pagi
riilnya ada 6 kelas . Kegiatan pembelajaran siswa Putra Putri Kelas X
A,B, Kelas XI A,B dan Kelas XII A,B masuk pagi mulai jam 06.30 s/d 12.15
WIB.
a. Kegiatan
kurikuler meliputi mata pelajaran :
- Umum : PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPS, Matematika
- Pend.Agama :Al-Qur’an, Al-Hadits, Ilmu Fiqih, Ushul Fiqih, Akhlaq, Tarekh Tasyri,Tauhid, Bhs.Arab, Tafsir, Mantiq, Balaghoh, Nahwu,
b.
Kegiatan ekstrakurikuler meliputi :
- Munaqosah
- Kesenian
- Olahraga
- Muhadhoroh
- Diskusi/Dialog
- Diklatpim
- PHBI dan PHBN
- Kursus/Pelatihan-pelatihan
- Seni Baca Al-Qur’an
- Istighosah
- Lomba-lomba/Class metting
- Bakti Sosial/Santunan
- Khotmil Qur’an
- Group Sholawat dan seni music
- latihan menjahit
- UKM
Kegiatan
Ulangan Mid Semester dilaksanakan setiap 3 bulan sekali dengan pelaksanaan
secara terjadwal mulai kelas X s/d kelas XII, dengan soal disiapkan
oleh Guru mata pelajaran masing-masing , sedangkan kegiatan Ulangan Umum
Semester I dan II dilaksaakan 6 bulan sekali .
H.
SARANA PRASARANA
- 1. Ruang Pembelajaran
NO
|
Jenis Ruang
|
Jumlah
|
Pemnafaatan
|
Kondisi
|
||
Sesuai
|
Tidak
|
Baik
|
Rusak
|
|||
1
|
Ruang
Kelas
|
|||||
2
|
Ruang
Lab.Komputer
|
|||||
3
|
Ruang
Keterampilan
|
|||||
4
|
Ruang
Perpustakaan
|
- 2. Sarana Penunjang
NO
|
Jenis Ruang
|
Jumlah/Volume
|
Pemanfaatan
|
Kondisi
|
||
Sesuai
|
Tidak
|
Baik
|
Rusak
|
|||
1
|
Ruang
Kepala Sekolah
|
|||||
2
|
Ruang Guru
|
|||||
3
|
Ruang OSIS
|
|||||
4
|
Ruang UKS
|
|||||
5
|
Ruang BP
|
|||||
6
|
Kantin
Sekolah
|
|||||
7
|
Ruang Tata
Usaha
|
|||||
8
|
Pagar
Depan
|
|||||
9
|
Pagar
Keliling
|
|||||
10
|
Jalan
Masuk
|
|||||
11
|
Lapangan
Olahraga
|
|||||
12
|
Lapangan
Upacara
|
|||||
13
|
Jalan
Penghubung Bangunan
|
|||||
14
|
Taman
Sekolah
|
|||||
15
|
Pohon
Peneduh
|
|||||
16
|
Tempat
Sepeda
|
|||||
17
|
Papan Nama
|
|||||
18
|
Ruang Tamu
|
|||||
19
|
Sanggar
Pramuka
|
|||||
20
|
Masjid
|
|||||
21
|
Gudang
|
3. Alat Paraga /Sarana Pembelajaran
No
|
Jenis Alat
|
Yang Ada
|
Yang Dibutuhkan
|
1
2
3
4
5
|
Olah Raga
Bola Volly
Bola Sepak
Bola Takrow
Bola Basket
Raket Bulu Tangkis
Net Volly
Net Bulu Tangkis
Cakram
Tolak Peluru
Lembing
Tiang Lompat Tinggi
Bak Lompat Jauh
Meja Tinis
Globe
Peta
Kesenian
Rebana
TIK
Komputer
Sarana Kantor
LCD Proyektor
Handy Cam
Kamera Canon
Kamera Digital
Sond Sistem
TV Pembelajaran
|
5 buah
1 buah
4 buah
1 buah
2 pasang
1 buah
2 buah
2 buah
1 buah
- buah
1 buah
- buah
- buah
- set
- buah
1 buah
- buah
10 buah
- buah
- buah
- buah
- buah
|
12 buah
6 buah
12 buah
3 buah
25 pasang
3 buah
3 buah
6 buah
6 buah
6 buah
1 buah
2 buah
1 buah
4 buah
5 buah
12 buah
1 unit
35 unit
1 buah
1 buah
1 buah
1 buah
|
4.
Meubel
NO
|
Jenis Ruang
|
Volume
( Ruang )
|
Pemanfaatan
|
Kondisi
|
||
Sesuai
|
Tidak
|
Baik
|
Rusak
|
|||
1
|
Meja murid
|
|||||
2
|
Kursi
murid
|
|||||
3
|
Meja guru
|
|||||
4
|
Kursi guru
|
|||||
5
|
Almari
|
|||||
6
|
Etalase
|
|||||
7
|
Kursi Tamu
|
|||||
c. PERSENTASE KELULUSAN SISWA 5 TAHUN
TERAKHIR
NO
|
TAHUN
|
JUMLAH
|
JUMLAH
|
KETERANGAN
|
|
L
|
P
|
||||
1
|
2009/2010
|
||||
2
|
2010/2011
|
||||
3
|
2011/2012
|
||||
4
|
2012/2013
|
||||
5
|
2013/2014
|
d.
PERSENTASE PEROLEHAN NILAI UN 5 TAHUN TERAKHIR
1. Tahun 2009/2010
NILAI
|
BIN
|
ING
|
EKO
|
IPA
|
JUMLAH
|
Klasifikasi
|
B
|
A
|
A
|
-
|
A
|
Rata-rata
|
|||||
Terendah
|
|||||
Tertinggi
|
2. Tahun 2010/2011
NILAI
|
BIN
|
ING
|
MAT
|
EKO
|
SOS
|
GEO
|
JUMLAH
|
Klasifikasi
|
A
|
A
|
A
|
A
|
A
|
C
|
A
|
Rata-rata
|
|||||||
Terendah
|
|||||||
Tertinggi
|
3. Tahun 2011/2012
NILAI
|
BIN
|
ING
|
MAT
|
FIS
|
KIM
|
BIO
|
JUMLAH
|
Klasifikasi
|
A
|
A
|
A
|
A
|
A
|
A
|
A
|
Rata-rata
|
|||||||
Terendah
|
|||||||
Tertinggi
|
4.
Tahun 2012/2013
NILAI
|
BIN
|
ING
|
MAT
|
FIS
|
KIM
|
BIO
|
JUMLAH
|
Klasifikasi
|
A
|
A
|
A
|
A
|
A
|
A
|
A
|
Rata-rata
|
|||||||
Terendah
|
|||||||
Tertinggi
|
5.
Tahun 2013/2014
NILAI
|
BIN
|
ING
|
MAT
|
FIS
|
KIM
|
BIO
|
JUMLAH
|
Klasifikasi
|
A
|
A
|
A
|
A
|
A
|
A
|
A
|
Rata-rata
|
|||||||
Terendah
|
|||||||
Tertinggi
|
e. DATA
PRESTASI SISWA SISWA
1.
Bidang Keagamaan
No
|
Tahun
|
Jenis Lomba
|
Tingkat
|
Juara
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
||||
7
|
2. Bidang Mata Pelajaran
No
|
Tahun
|
Jenis Lomba
|
Tingkat
|
Juara
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
3.
Bidang Olahraga
No
|
Tahun
|
Jenis Lomba
|
Tingkat
|
Juara
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
4. Bidang Kesenian
No
|
Tahun
|
Jenis Lomba
|
Tingkat
|
Juara
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
J.
PROFIL LULUSAN
No
|
Jenis Kegiatan
|
Jumlah Siswa
|
Keterangan
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
|||
6
|
K.
DATA PRESTASI MADRASAH 5 TAHUN TERAKHIR
No
|
Tahun
|
Jenis Lomba
|
Tingkat
|
Juara
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
Boleh minta nomor yang bisa dihubungi?
BalasHapusPendaftaran kpn dibuka untuk THN ajaran 2021
BalasHapusKata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
BalasHapusAku berkata kepadamu: Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah.
Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, 28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”
From : https://hewillback.xyz/